Strategi Komunikasi Pemasaran Qoo10 Indonesia Mempertahankan Eksistensi

  • Julita Esther I.D.S Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Adi Wiratama Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Kemajuan teknologi informasi, khususnya Internet hampir merubah semua bidang, salah satunya dunia bisnis. Perubahan cara pandang dalam berbisnis ini yang ikut mendukung timbulnya perusahaan e-commerce, dan salah satunya adalah Qoo10. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi komunikasi pemasaran perusahaan, (2) mengetahui bentuk-bentuk komunikasi pemasara perusahaan, dan (3) melihat latarbelakang pemilihan strategi komunikasi pemasaran tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif karena lebih memfokuskan pada aspek kealamiahan data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) penelitian perpustakaan, (2) wawancara mendalam dengan  informan kunci yang bertujuan untuk memperoleh perspektif tentang strategi komunikasi pemasaran serta sejauh mana pemanfaatan dari fasilitas-fasilitas yang ada pada B2B(Bussiness to Bussiness) e-commerce, dan (3) penelitian lapangan. Untuk menganalisa suatu strategi komunikasi pemasaran, dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu (1) faktor ekstemal dan intemal perusahaan diperlukan untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada suatu perusahaan atau SWOT analisis, (2) pemilihan target pasar, segmentasi dan memposisikan produk perusahaan atau STP, (3) bauran pemasaran yang digunakan atau marketing mix, (4) promotion mix atau communication tools yang dipergunakan. Berdasarkan hasil wawancara dan penelitian dilapangan, ditemukan bahwa, pentingnya strategi komunikasi pemasaaran yang didukung oleh perencanaan dan strategi pemasaran dengan menganalisis lingkungan (faktor internal dan eksternal). Peranan strategi komunikasi pemasaran yang dihasilkan melalui situasi dan kondisi perusahaan dapat membuat suatu perusahaan tetap eksis dan dapat terus meningkatkan keunggulan dalam bidang bisnisnya.

Published
Nov 30, 2018
How to Cite
I.D.S, Julita Esther; WIRATAMA, Adi. Strategi Komunikasi Pemasaran Qoo10 Indonesia Mempertahankan Eksistensi. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 10, n. 01, p. 66-74, nov. 2018. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.38041%2Fjikom1.v10i01.30>. Date accessed: 06 may 2025. doi: http://dx.doi.org/10.33221/jikom1.v10i01.30.