Studi Deskriptif Kualitatif Loyalitas Brand Wardah di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju

  • Firdha Alwani Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Febriansyah Nataly Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Fatimah Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Loyalitas terhadap merek adalah gambaran perilaku preferensi konsumen terhadap suatu merek dengan melakukan pembelian berulang. Hal ini sangat berpengaruh bagi suatu perusahaan untuk dapat bertahan dan tetap eksis di tengah persaingan pasar, khususnya untuk produk Wardah yang telah digunakan oleh banyak konsumen tak terkecuali mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk loyalitas brand Wardah yang digunakan mahasiswa kebidanan STIKIM. Metode pada penelitian ini yaitu kualitatif dimana menjelaskan dan mengetahui bentuk loyalitas para konsumen Wardah di jurusan kebidanan STIKIM dengan cara pengumpulan data observasi, angket kuesioner, dan wawancara. Tahap teknik analisa data yang dilakukan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kepercayaan mahasiswa terhadap merek Wardah sangat berpengaruh kepada pembentukan kepuasan serta loyalitas terhadap produk tersebut. Kesimpulannya bahwa reputasi produk memegang peran penting dalam melakukan keputusan pembelian ulang. Saran yang dapat diberikan melakukan inovasi baru terhadap produk tersebut.

Published
Mar 30, 2020
How to Cite
LESTARI, Firdha Alwani; NATALY, Febriansyah; FATIMAH, Fatimah. Studi Deskriptif Kualitatif Loyalitas Brand Wardah di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 12, n. 01, p. 10-17, mar. 2020. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/111>. Date accessed: 18 nov. 2024.