Strategi Program Magazine Program Khazanah Edisi Ramadhan 2019

  • Khairunnisa Khairunnisa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Fatimah Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Industri pertelevisian merupakan industri kreatif yang setiap harinya menghadirkan berbagai macam program acara unggulan. Setiap televisi terdapat divisi program yang memiliki berbagai strategi dalam memproduksikan suatu program, pada bulan ramadhan stasiun televisi bersaing dalam memproduksikan sebuah tayangan dalam bentuk konsep kajian-kajian islami. Salah satu program yang yang bertajuk islami ialah Khazanah Ramadhan, dalam bulan ramadhan kali ini Khazanah mengusungkan tematis Al-Quran dalam pembahasan pada bulan ramadhan 2019 dan strategi episode yang diusungkan pada hari pertama ramadhan ialah terapi cahaya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan pendekatan observasi dimana dalam pendekatan ini data yang digunakan adalah data primer dari hasil pengamatan, wawanacra, dan dokumentasi. Dalam hasil penelitian ini tayangan khazanah ramadhan di hari pertama dengan episode terapi cahaya memiliki strategi dalam teknik produksinya ialah, pra produksi, produksi, dan pasca produksi, yang tentunya berbeda dengan tayangan sebelumnya. Dalam menggunakan strategi tersebut tim produksi khazanah dapat memberikan suatu tayangan yang bervariatif dalam segi pembahasan, segi liputan, dan hasil visual video. Dan selain itu khazanah ramadhan tetap harus memperhatikan promosi dalam media sosial agar audiens lebih tertarik lagi.

Published
Mar 30, 2020
How to Cite
KHAIRUNNISA, Khairunnisa; FATIMAH, Fatimah. Strategi Program Magazine Program Khazanah Edisi Ramadhan 2019. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 12, n. 01, p. 26-33, mar. 2020. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/114>. Date accessed: 21 dec. 2024.