Strategi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Sekolah Aluna Montessori Jakarta

  • Yuli Purnamasari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Veronika Setyadji Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Shulhuly Ashfahani Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Sekolah Aluna merupakan salah satu sekolah berbasis inklusi yang dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus. Namun saat ini Sekolah Aluna mengalami penurunan jumlah siswa/i yang disertai dengan menurunnya brand image di masyarakat, walaupun sekolah ini telah melaksanakan layanan dan promosi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan Sekolah Aluna dalam membangun brand image. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis dan teknik pengumpulan data adalah data primer yang diperoleh dari wawancara serta data sekunder diperoleh dari data yang berbentuk buku, web, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini merangkum data, menyajikan data dan menyimpulkan data tersebut. Hasil penelitian bahwa Sekolah Aluna perlu meningkatan pelayanan dan memperbaharui strategi promosi (brosur, spanduk, media sosial: facebook dan instagram) serta pendekatan hubungan masyarakat (public relations) supaya meningkatkan jumlah siswa serta meningkatkan brand image. Penurunan jumlah siswa dan brand image Sekolah Aluna dapat diperbaiki dengan cara memperbaharui promosi berupa brosur, spanduk, website serta melakukan pelatihan sumber daya manusia supaya lebih memahami layanan jasa yang ditawarkan dan informasi yang disampaikan lebih informatif.

Published
Mar 30, 2020
How to Cite
PURNAMASARI, Yuli; SETYADJI, Veronika; ASHFAHANI, Shulhuly. Strategi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Sekolah Aluna Montessori Jakarta. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 12, n. 01, p. 33-42, mar. 2020. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/115>. Date accessed: 18 nov. 2024.