Mekanisme Kerja Media Buyer Biro Iklan Prima Advertising

  • Devi Zunita Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Fatimah Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Biro iklan memiliki berbagai strategi dalam melakukan pemasangan iklan. Ditengah persaingan ketat iklan media elektronik, biro iklan Prima Advertising masih bertahan selama 10 Tahun meski hanya menyediakan jasa penempatan media cetak. Dalam melakukan penempatan media, seorang media buyer memiliki tahapan kerja untuk memudahkan pekerjaannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme kerja seorang media buyer di biro iklan Prima Advertising dalam melakukan pembelian ruang media cetak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dari penelitian ini bersumber dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media buyer memiliki peranan penting dalam melakukan pembelian media cetak, karena media buyer bertanggung jawab langsung terhadap media order yang dibuat agar iklan terbit sesuai dengan permintaan klien. Agar pembelian media cetak berjalan dengan baik, media buyer di biro iklan Prima Advertising memiliki sebuah mekanisme kerja mengenai pembelian ruang media cetak agar tidak terjadi kesalahan dalam pekerjaannya baik secara internal maupun eksternal. Dari hasil penelitian tersebut peneliti memiliki saran agar lebih diperkuat lagi koordinasi dan komunikasi selama melakukan pembelian ruang media cetak. Selain itu Prima Advertising harus memperhatikan dan menambah fasilitas kantor terutama peralatan yang berhubungan dengan pembelian media cetak

Published
Jul 30, 2020
How to Cite
ZUNITA, Devi; FATIMAH, Fatimah. Mekanisme Kerja Media Buyer Biro Iklan Prima Advertising. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 12, n. 02, p. 57-61, july 2020. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/126>. Date accessed: 21 dec. 2024.