Peranan Internal Public Relations PT Prasadha Pamunah Limbah Industri Dalam Mensosialisasikan Brand PPLI

  • Oppie Megawarni Suryadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Shulhuly Ashfahani Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Fenomena yang peneliti tangkap selama menjalani magang di bagian Public Relations PPLI. Fenomena tersebut menyangkut perubahan brand yang terjadi karena akuisisi perusahaan dan peran Internal Public Relations dalam mensosialisasikan brand tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Internal Public Relations PT Prasadha Pamunah Limbah Industri dalam mensosialisasikan brand  PPLI Tahun 2016. Penelitian ini berjalan dengan sebuah pemikiran bahwa seorang Public Relations atau Humas bertugas membina hubungan dengan publik internal, agar citra dan reputasi perusahaan atau organisasi tetap positif di mata publik internal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Melalui observasi secara langsung dan wawancara dengan beberapa informan yang terkait, maka penulis berhasil memperoleh data berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Internal Public Relations mempunyai peranan penting dalam dalam memperkenalkan dan memberitahu citra perusahaan yang baru kepada publik internal di PPLI. Internal Public Relations mempunyai peranan penting dalam menangani perubahan brand WMI ke brand PPLI selain sosialisasi langsung dengan mengadakan rapat pertemuan kepada perwakilan karyawan, PR di PPLI juga melakukan sosialisasi melalui media internal dalam bentuk email blast, surat tertulis dan beberapa selebaran maupun yang terpampang di papan pengumuman. Selain melakukan sosialisasi melalui media internal pihak PR juga terjun langsung dalam mengawasi perubahan logo pada fasilitas di lingkungan kerja

Published
Jul 30, 2020
How to Cite
SURYADI, Oppie Megawarni; ASHFAHANI, Shulhuly. Peranan Internal Public Relations PT Prasadha Pamunah Limbah Industri Dalam Mensosialisasikan Brand PPLI. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 12, n. 02, p. 71-79, july 2020. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/137>. Date accessed: 18 nov. 2024.