Upaya Starbucks Indonesia Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Media Sosial Instagram

  • William Litaay Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Veronika Setyadji Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Shulhuly Ashfahani Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Perkembangan (coffee shop) kedai kopi hingga saat ini sudah semakin pesat. Salah satu kedai kopi (coffee shop) yang sudah berkembang dan terkenal hingga  kini adalah Starbucks Indonesia. Dalam memperkenalkan produknya serta ingin lebih berinteraksi lagi dengan pelanggannya Starbucks Indonesia menggunakan social media yaitu Instagram. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui upaya starbucks indonesia dalam mempertahankan eksistensi di sosial media instagram guna meningkatkan customer relation di starbucks plaza atrium senen. Metodelogi dalam penelitian yang di lakukan ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dengan metode case study dalam pengumpulan datanya hal ini digunakan karena permasalahan yang terjadi di Starbucks adalah dalam mempertahankan eksistensinya di sosial media, karena hasil kalkulasi atau hasil jajak pendapat kebanyakan yang merasa belum terpenuhi keinginannya. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa upaya yang dipergunakan oleh Starbucks Indonesia dalam mempertahankan eksistensinya dalam sosial media instagram guna meningkatkan customer relation di Starbucks Plaza Atrium senen adalah dengan memberikan konten yang sangat menarik juga inovasi dan selalu update dan juga mengikuti perkembangan-perkembangan yang sedang trend, serta memberikan pelayanan yang terbaik secara langsung dengan pelanggan guna meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Published
Nov 30, 2020
How to Cite
LITAAY, William; SETYADJI, Veronika; ASHFAHANI, Shulhuly. Upaya Starbucks Indonesia Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 12, n. 03, p. 88-93, nov. 2020. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/143>. Date accessed: 21 dec. 2024.