Strategi Promosi Startup (Pada Aplikasi Bakat Online Antara Agent Talent Dalam Mempersuasi Masyarakat Menjadi Talent)
Abstract
Penelitian ini menganalisis kegiatan strategi promosi yang dijalankan Aplikasi bakat.online. Strategi promosi ini meliputi bauran promosi yang ditujukan kepada pihak Agent, Studio-studio, dan masyarakat sebagai target konsumen akhir (end user). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendalami mengenai strategi promosi bakat.online pada jasa Aplikasi dalam upaya mempersuasif masyarakat untuk menjadi Talent.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga peneliti mampu mendeskripsikan sedalam-dalamnya mengenai persoalan strategi promosi yang telah digunakan oleh bakat.online dengan menggunakan parameter efektifitas komunikasi dalam berpromosi. Peneliti juga menganalisis mengenai strategi promosi yang mampu membangun kesetiaan jasa sebagai wujud upaya establishing acceptance oleh bakat.online. Peneliti menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi. Hasil dari penelitian ini adalah bakat.online telah menggunakan 2 (dua) strategi promosi, yaitu: pull strategy meliputi: bidang publisitas, sales promotion, dan personal selling dan push strategy meliputi: relationship of marketing sebagai konsep bisnis business to business. Kesimpulannya strategi promosi aplikasi, memiliki peranan yang sangat penting bagi bakat.online dalam menjalankan kegiatan bisnis Talent yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap jasa ”Talent” Walaupun upaya Bakat.online dalam mempersuasif masyarakat menjadi talent melalui push-strategy masih dapat ditingkatkan, sehingga upaya persuasif melalui komunikasi efektif dalam berpromosi masih tetap sangat diperlukan.