Analisa Bauran Public Relations Pada Produk Parfum Casablanca Dalam Upaya Meningkatkan Brand Image di Mata Pelanggan

  • Margaretha Cristin Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Sri Rahardian Mukjizat Sakti Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Febriansyah Nataly Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Seiring dengan berjalannya semakin tingginya persaingan yang terjadi pada dunia bisnis dikarenakan semakin banyaknya kompetitor di luar sana khususnya pada produk sejenis lainnya. Perusahaan yang unggul adalah perusahaan yang mampu bertahan dan bisa mempertahankan pelanggan nya. PT Priskila Prima Makmur merupakan salah satu perusahaan yang berusaha berusaha bertahan dalam menghadapi persaingan tersebut, dalam penjualan produknya khususnya parfum Casablanca tidak mencapai target penjualan. Penjualan yang tidak mencapai target berarti loyalitas pelanggan akan produk tersebut menurun maka, artinya brand image terhadap suatu produk otomatis mengalami penurunan juga di mata pelanggan. Maka dari itu organisasi wajib membangun dan memelihara brand agar berdaya saing. Konsep teori yang digunakan dalam mendasari penelitian ini dalam upaya membangun brand image di mata pelanggan adalah teori Harris (1991) tentang buaran public relations dengan publikasi, pengagendaan kegiatan, penciptaan berita, pelibatan komunitas, unjuk diri organisasi, proses lobi dan perundingan, dan aktivitas peran sosial. Riset ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta metode pengumpulan infromasi melalui pengamatan, interviu, pendokumentasian, dan metode analisis terhadap informasi yang terkumpul dengan memakai pendapat Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya bauran public relations yang dijalankan oleh PT Priskila Prima Makmur, belum efektif pada pubikasi, event dan hubungan dengan komunitas. Kemampuan public relations masih belum handal dalam menjalankan kegiatan bauran public relations menyebabkan kegiatan yang dijalankan belum sepenuhnya maksimal dikarenakan adanya hambatan seperti masalah pada komunikasi yang berjalan kurang lancar, adanya kegiatan bauran public relations yang tidak dijalankan langsung oleh public relations karena kurangnya sumber manusia pada PT Priskila Prima Makmur

Published
Mar 30, 2021
How to Cite
CRISTIN, Margaretha; SAKTI, Sri Rahardian Mukjizat; NATALY, Febriansyah. Analisa Bauran Public Relations Pada Produk Parfum Casablanca Dalam Upaya Meningkatkan Brand Image di Mata Pelanggan. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 13, n. 01, p. 1-9, mar. 2021. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/150>. Date accessed: 21 dec. 2024.