Strategi Kreatif Iklan di Youtube

  • Niko Jorano Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Barliana Lukitawati Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Mustopa Mustopa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Saat ini sudah banyak sekali konten Youtube nasional dan internasional yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Karena lebih mudahnya proses produksi konten Youtube, mulai dari video blog aktifitas keseharian, tutorial, tips kecantikan dan lain lain. Ratusan konten kreator bersaing membuat video kreatif untuk menarik minat penonton agar memiliki viewers yang banyak. Hal ini membuat merek dagang pun ingin meramaikan sekaligus mendekatkan brand atau merek dagang terhadap audience melalui new media yang sekarang ini telah menjadi kebutuhan di digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penerapan strategi kreatif konten terhadap audience di youtube. Penelitian ini dengan cara metode deskriptif kualitatif yang dikaitkan dengan teori advertising. Tahapan strategi kreatif ini terdiri dari tiga bagian yang disebut analisis-ideas-act karena hal ini yang menjadi acuan yang penting dalam strategi kreatif. Dari keseluruhan kesimpulan yang telah peneliti sampaikan diatas, maka saran yang dapat disampaikan adalah pentingnya tiga tahapan yaitu analytic – ideas – act dalam pembentukan ide iklan yang akan kita sampaikan kepada audience. Terlebih dari itu adapun beberapa saran dan masukan tersebut untuk Blue Bird Group harus perlu banyak lagi memberikan konten berbasis video di youtube, agar dapat memberikan pengaruh bagi generasi millenials. Semakin banyak produksi konten, semakin banyak juga animo masyarakat terutama audience digital.

Published
Jul 30, 2021
How to Cite
FIRDAUS, Niko Jorano; LUKITAWATI, Barliana; MUSTOPA, Mustopa. Strategi Kreatif Iklan di Youtube. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 13, n. 02, p. 54-61, july 2021. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/155>. Date accessed: 21 dec. 2024.