Komunikasi Pemasaran Kedai Makanan Teras Burrito Di Media SosialInstagram Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek

  • Tahita Duta Dewangga Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Tri Yulistyarani Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Berliana Lukitawati Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Teras Burrito adalah salah satu brand makanan yang menjual Burrito makanan khas dari Meksiko, makanan yang mirip dengan kebab ini, dipromosi dengan beberapa cara salah satu promosi yang dilakukan melalui Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang dijalankan oleh Teras Burrito di media sosial Instagram dalam meningkatkan kesadaran merek. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis dan teknik pengumpulan data adalah data primer yang diperoleh dari wawancara serta data sekunder diperoleh dari data yang berbentuk buku, web, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini merangkum data, menyajikan data dan menyimpulkan data tersebut. Hasil penelitian bahwa Teras Burrito telah melakukan promosi dalam penjualan produknya namun kurang maksimal sekalipun dalam penjualannya Teras Burrito menerapkan tiga cara penjualan yaitu pembelian langsung melalui kedai container, pembelian melalui aplikasi ponsel pintar, dan melalui sistem PO (Pre Order). Teras Burrito juga melakukan hal AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share): Attention, pelanggan menaruh perhatian dikarenakan Burrito jarang ada di Bogor; Interest, pelanggan merasa tertarik dari bentuk Burrito mirip kebab dan rasa lebih enak; Search, pelanggan mencari tahu dimana kedai dan cara membeli makanan ini; Action, melakukan pembelian di kedai, atau mengikuti PO; Share pelanggan membagikan pengalamannya makan Burrito di media sosialnya dan men-tag Teras Burrito.  Teras Burrito dalam mempromosikan produk sebaiknya dilakukan secara maksimal agar semakin banyak orang yang mengetahui Teras Burrito. Ada beberapa pilihan yang dapat digunakan seperti iklan berbayar atau iklan tidak berbayar serta Membuat materi konten yang kreatif & menarik juga bisa menambah exposure di Instagram.

Published
Nov 30, 2021
How to Cite
DEWANGGA, Tahita Duta; YULISTYARANI, Tri; LUKITAWATI, Berliana. Komunikasi Pemasaran Kedai Makanan Teras Burrito Di Media SosialInstagram Dalam Meningkatkan Kesadaran Merek. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 13, n. 03, p. 122-129, nov. 2021. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/217>. Date accessed: 21 dec. 2024.