Strategi Produksi Program Jemput Rezeki Episode Pertama

  • Sharfina Putri Utami Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Fatimah Fatimah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Veronika Setyadji Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Program Jemput Rezki merupakan program Reality Show yang dikemas sebagai program inspirasi ekonomi rakyat dalam membangun usaha diberbagi bidang usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan produksi serta strategi produksi dalam membuat program Jemput Rezeki episode pertama yaitu “Tekad dan Kerja Keras Menjadi Peluang Berwirausaha”. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif serta sifat penelitian yaitu metode studi kasus. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder serta pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan juga dokumen. Dalam hasil penelitian berdasarkan teori, program Jemput Rezeki mempunyai strategi yang kuat dalam hal produksi program yaitu teknik pra produksi planning meeting, research, rehearsal. Dan juga teknik produksi yaitu Editing, Narasi, Mixing, Mastering yang diperkuat dalam program. Selain itu program Jemput Rezeki tetap harus memperhatikan promosi program dalam bentuk cuplikan, agar penonton tau seperti apa pembahasan pada episode selanjutnya.

Published
Apr 8, 2022
How to Cite
UTAMI, Sharfina Putri; FATIMAH, Fatimah; SETYADJI, Veronika. Strategi Produksi Program Jemput Rezeki Episode Pertama. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 14, n. 01, p. 19-34, apr. 2022. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/228>. Date accessed: 21 dec. 2024.