Pemanfaatan Getok Tular Berdasarkan Nilai Jual Unik pada Produk Kecantikan (Studi Kasus: PT. Ardiya Dinara Indotrade)

  • Regina Vianney Ayudya Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

Abstract

Penggunaan media sosial di era ini tidak hanya dalam ranah komunikasi jarak jauh atau interaksi virtual, tetapi juga dalam ranah para pelaku bisnis. Dengan munculnya media sosial, bidang karir baru telah muncul, yang dikenal sebagai Key Opinion Leader (KOL) atau Social Media Influencer, di mana individu dengan jumlah pengikut yang besar mungkin memiliki dampak yang signifikan terhadap upaya promosi perusahaan. Cara mereka mempromosikan bisnis ini biasanya disebut sebagai Getok tular Pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik yang mendorong loyalitas pelanggan yang baik berdasarkan peningkatan kepercayaan, yang mungkin dipengaruhi oleh penggunaan KOL dan Influencer Media Sosial khususnya di industri kecantikan. PT. Ardiya Dinara Indotrade yang telah beroperasi lebih dari 5 (tahun) akan menjadi objek penelitian ini karena perusahaan ini tidak memiliki biaya pemasaran dalam pemanfaatan KOL dan Social Media Influencer. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti juga akan mengetahui apa yang dapat dikembangkan di masa depan untuk keberlanjutan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi. Selain itu, penelitian ini juga menjadi bahan pertimbangan bagi pemilik usaha lain untuk mengikuti dan menerapkan hasilnya pada usaha mereka sendiri.

Published
Nov 22, 2022
How to Cite
AYUDYA, Regina Vianney. Pemanfaatan Getok Tular Berdasarkan Nilai Jual Unik pada Produk Kecantikan (Studi Kasus: PT. Ardiya Dinara Indotrade). Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 14, n. 03, p. 125-130, nov. 2022. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/249>. Date accessed: 18 nov. 2024.