Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Komunikasi bagi Komunitas Virtual Main Bola Mulu (MBM)

  • Yudha Pradhana Universitas Nasional

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki naluri untuk hidup berkelompok atau bermasyarakat. Kelompok atau komunitas terbentuk karena adanya kesamaan tujuan dan komunikasi antar anggota di dalamnya. Seiring dengan kemajuan teknologi di era digital saat ini, kelompok atau komunitas juga dapat dibentuk di dunia maya atau virtual. Komunitas virtual memanfaatkan media sosial untuk melakukan komunikasi kelompok antar anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan komunitas virtual sebagai media komunikasi bagi komunitas sepakbola di Jakarta yaitu Main Bola Mulu (MBM) melalui media sosial Instagram dan Whatsapp. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode studi pustaka dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup Instagram dan Whatsapp sangat efektif dalam menyampaikan informasi antar anggota komunitas. Konstruksi pesan yang disampaikan melalui media sosial dipahami oleh seluruh anggota komunitas MBM. Keberhasilan MBM dalam memanfaatkan media sosial ditandai dengan kenyamanan untuk terus dan tetap berada di komunitas yang dirasakan oleh setiap anggota dengan memperhatikan manfaat yang telah diperoleh. Keberhasilan lainnya ditandai dengan bertambahnya jumlah anggota komunitas yang telah bergabung dengan MBM hingga saat ini.

Published
Nov 22, 2022
How to Cite
PRADHANA, Yudha. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Komunikasi bagi Komunitas Virtual Main Bola Mulu (MBM). Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 14, n. 03, p. 105-115, nov. 2022. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/250>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v14i03.250.