Pemanfaatan Media Sosial Instagram @beautebox_id sebagai Media Promosi Kosmetik

The Use of Instagram @beautebox_id as a Promotional Medium for Cosmetics

  • Herda Shaqilla Tandra Universitas Telkom
  • Adrio Kusmareza Adim Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami pemanfaatan media sosial Instagram @beautebox_id sebagai media promosi kosmetik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan pengelola akun Instagram @beautebox_id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram @beautebox_id digunakan sebagai media promosi kosmetik dengan cara memperkenalkan produk, memberikan informasi detail tentang produk, dan mengajak pengguna Instagram untuk membeli  produk.  Instagram  juga  digunakan  untuk  memperkenalkan  brand  dan  menampilkan  hasil  kerja  sama dengan influencer. Selain itu, Instagram @beautebox_id juga dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement dan interaksi dengan pengguna Instagram melalui berbagai program seperti giveaway dan diskon. Adapun kendala yang  dihadapi  dalam  pemanfaatan  Instagram  sebagai  media  promosi  kosmetik  adalah  persaingan  yang  ketat dengan akun kosmetik lainnya dan fluktuasi algoritma Instagram yang berpengaruh pada reach akun. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan upaya yang tepat dalam pemanfaatan Instagram sebagai media promosi kosmetik untuk memaksimalkan potensi pasar dan mengatasi kendala yang ada.


Kata kunci: beautebox_id, instagram, media sosial

Published
Jul 17, 2023
How to Cite
TANDRA, Herda Shaqilla; KUSMAREZA ADIM, Adrio. Pemanfaatan Media Sosial Instagram @beautebox_id sebagai Media Promosi Kosmetik. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 15, n. 02, p. 81-89, july 2023. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/267>. Date accessed: 13 may 2025. doi: http://dx.doi.org/10.33221/jikom1.v15i02.267.