Pemanfaatan Media Sosial Instagram @beautebox_id sebagai Media Promosi Kosmetik

  • Herda Shaqilla Tandra Universitas Telkom
  • Adrio Kusmareza Adim Universitas Telkom

Abstract

Media sosial menjadi ruang virtual paling berpengaruh dan penting di mana tidak hanya digunakan untuk jejaring sosial tetapi merupakan cara yang bagus untuk menampilkan merek dan produk secara digital. Instagram adalah platform tepat untuk menampilkan konten dengan visual menarik. Gambar serta ilustrasi merupakan konten yang sesuai untuk platform media sosial ini, Salah satu akun yang memakai Instagram sebagai media promosi adalah @Beautebox_id. @Beautebox_id merupakan akun yang menjual berbagai macam produk kecantikan yang memakai Instagram sebagai media promosinya. Tujuan penelitian ini yaitu supaya mengenali pemanfaatan fitur-fitur Instagram dalam upaya peningkatan engagement Instagram yang bersumber pada elemen promosi dalam media sosial Beautebox di Instagram. Penelitian ini memakai metode kualitatif deskriptif, dimana informasi dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan studi literatur media sosial @beautebox_id. Menurut hasil penelitian memaparkan kegunaan fitur-fitur Instagram dan dari fitur fitur tersebut dapat terkait kedalam tahapan elemen promosi.


 


Social media is the most influential and important virtual space for any human needs. Where it is not only used for social networking, but also for presenting the brands and products in an effective and digitally ways. Instagram is the right platform to advertise the content with attractive visual. Such as image and illustration content are suitable element for promotional in social media platform. One account that uses Instagram as a promotional medium is @Beautebox_id. @Beautebox_id is an account that sells various kind of beauty products using Instagram as their promotional medium. The purpose of this study is to recognize the ability of Instagram’s features in order to increase Instagram engagement based on promotional elements in Beautebox Instagram account. This study is using descriptive qualitative method, where the information collected through interviews, documentation, and social media literature studies @beautebox_id. According to the results of the study, it describes the function of Instagram features that can be related to the promotional element stages.

Published
Jul 17, 2023
How to Cite
TANDRA, Herda Shaqilla; KUSMAREZA ADIM, Adrio. Pemanfaatan Media Sosial Instagram @beautebox_id sebagai Media Promosi Kosmetik. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 15, n. 02, p. 81-89, july 2023. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/267>. Date accessed: 18 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v15i02.267.