Komunikasi Organisasi Pemerintah Desa dalam Peningkatan Pelayanan Publik pada Masyarakat di Desa Pamegarsari Kabupaten Bogor Jawa Barat
Abstract
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena komunikasi dapat digunakan manusia sebagai proses penyampaian pesan atau informasi dengan manusia lainnya. Komunikasi digunakan manusia kapan pun dan dimana pun, baik di dalam lingkungan keluarga maupun di masyarakat. Komunikasi juga dapat digunakan di dalam organisasi, baik itu organisasi berbentuk perusahaan ataupun organisasi dalam bentuk pemerintahan. Di dalam setiap organisasi baik perusahaan ataupun pemerintahan terdapat pemimpin, dan di dalam wilayah pedesaan terdapat kepala desa sebagai pemimpin. Kepala desa bertanggung jawab untuk dapat melayani masyarakat atau dapat mewujudkan pelayanan publik yang baik sesuai dengan tugas dan fungsinya secara formal sebagai aparatur desa. Penelitian ini meneliti dan menganalisis komunikasi kelompok pemerintah Desa Pamegarsari Kabupaten Bogor Jawa Barat dalam peningkatan pelayanan publik pada masyarakat. Data diambil dari hasil transkrip observasi serta melakukan wawancara secara langsung dengan pemerintah desa. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan secara kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunikasi organisasi yang dilakukan pemerintah Desa Pemegarsari Kabupaten Bogor Jawa Barat dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Komunikasi dalam sebuah organisasi dalam hal ini Pemerintah Desa Pamegarsari merupakan faktor penting terutama dalam upaya meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Gaya kepemimpinan dari Kepala Desa Pamegarsari juga menjadi salah satu faktor yang memiliki peranan penting dalam terciptanya komunikasi organisasi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.