Komunikasi Secara Virtual Para Pemain MMORPG Ragnarok X: Next Generation

  • Yuli Purnamasari Universitas Bunda Mulia
  • Yuni Clara Universitas Bunda Mulia
  • Lady Yesisca Universitas Bunda Mulia
  • Frans Immanuel Universitas Bunda Mulia
  • Muhamad Isnaini Universitas Bunda Mulia

Abstract

Komunikasi virtual yang terjadi antar pemain game Ragnarok X: Next Generation terjadi ketika mereka tergabung dalam sebuah guild. Keragaman budaya dan struktur sosial menciptakan banyak kesenjangan komunikasi antar pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi virtual yang terjadi antar pemain ROX yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode etnografi virtual dengan pendekatan kualitatif dalam menjangkau dunia pemain games online. Para pemain berkomunikasi melalui whatsapp dan aplikasi discord akan tetapi para pemain tidak berbicara tentang teknis permainan, mereka membahas hal-hal di luar permainan jadi tidak ada perselisihan. Pemain ROX tidak mengalami deindividuasi seperti kehilangan kesadaran diri, perubahan diri dimana pemain menjauhkan diri dari kelompok. Dapat disimpulkan bahwa tidak semua game online berdampak buruk bagi individu tergantung dari respon individu terhadap permainan game online tersebut. Saran dari penelitian ini para pemain game online agar tidak mengalami deindividuasi dapat fokus dengan pernainan akan tetapi saat di dunia nyata pemain menjadi dirinya sendiri bukan karakter dalam permainan game online tersebut.

Published
Apr 5, 2023
How to Cite
PURNAMASARI, Yuli et al. Komunikasi Secara Virtual Para Pemain MMORPG Ragnarok X: Next Generation. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 15, n. 01, p. 48-54, apr. 2023. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/272>. Date accessed: 18 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v15i01.272.