IDX Channel Sebagai Media Promosi Bursa Efek Indonesia Dalam Menginformasikan Berita Pasar Modal
Abstract
IDX Channel sebagai media penyebar informasi dan promosi resmi milik Bursa Efek Indonesia memiliki program siaran yang bervariasi seperti talkshow, informasi terbaru fluktuasi pasar modal hingga event untuk memberi pengetahuan dan menarik minat masyarakat serta menjadi salah satu cara untuk menambah jumlah investor muda di pasar modal yang nantinya akan membantu meningkatkan perekonomian Indonesia melalui investasi saham. Tujuan penelitian ini adalah supaya strategi promosi yang dilakukan Bursa Efek Indonesia dalam menginformasikan berita pasar modal melalui IDX Channel dapat mencapai sasaran yang tepat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan bersifat studi kasus, yaitu peneliti mempelajari dan memahami objek penelitian dengan maksimal, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam kepada informanyang memiliki peran besar dalam penelitian ini, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bursa Efek Indonesia terus berupaya untuk semakin menyebarluaskan informasi seputar pasar modal melalui program dan event promosi yang dilakukan off air (seminar “Yuk Nabung Saham”, “Galeri Investasi”, “Sekolah Pasar Modal” dan “Stocksound”) maupun on air (promo filler, iklan dan beberapa program seperti IDX Market Opening, Market Now, Top Stock, IDX 1st Session Clossing, Market Headline,dan News Screen) di IDX Channel dan media partner lainnya yang semakin memudahkan pengusaha dan calon investor mendapatkan informasi seputar bisnis dan keuangan.