Peran Kohesivitas Kelompok Dalam Keputusan Pembelian Produk

Studi Kasus Pada Kelompok Persit Kartika Chandra Kirana

  • Anindiati Carlina Intan Universitas Islam Bandung

Abstract

Pembelian Produk pada kelompok kohesivitas dapat berpengaruh dalam hal pembelian produk. Hal ini dikarenakan jika memegang teguh kebersamaan loyalitas dan menjaga kelompoknya satu sama lain dalam prinsip kohesivitas. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui kohesivitas di kalangan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Yon Zipur 9 Kostrad. Peran kelompok kohesivitas Persit KCK Zipur 9 Kostrad dalam memberikan input kepada keputusan para anggota Persit KCK Zipur 9 Kostrad saat membeli sebuah prodak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam bersama anggota Persit Kartika Chandra Kirana Yon Zipur 9 Kostrad di Ujung berung Kota Bandung. Hasil penelitian ini Faktor yang mempengaruhi dalam ketertarikan dari setiap individu diantanya kegiatan, frekuensi interaksi, kesamaan, kelengkapan timbal balik, dan saling menghargai antar sesama kelompok persit KCK Yon Zipur 9 Kostrad sehingga antar anggota kelompok merasakan adanya faktor kedekatan yang sangat intim.

Published
Nov 4, 2023
How to Cite
INTAN, Anindiati Carlina. Peran Kohesivitas Kelompok Dalam Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 15, n. 03, p. 50-63, nov. 2023. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/283>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v15i03.283.