Peran Kelompok Kohesivitas Pada Keputusan Pembelian Produk : Studi Kasus Pada Kelompok Istri Prajurit

Group Cohesiveness and Its Role in Product Purchase Decisions: A Case Study of a Military Wives Community

  • Rr. Anindiati Retno Adi Universitas Islam Bandung
  • Intan Purnama Sari Universitas Islam Bandung
  • Carlina Ulfah Universitas Islam Bandung

Abstract

Peran kohesivitas sebuah kelompok sangat berpengaruh terhadap keputusan bertindak. Tidak terkecuali dalam  keputusan  dalam  pembelian  sebuah  produk.  Penelitian  ini bertujuan  untuk  menemukan,  menganalisis bagaimana peran kelompok dapat mempengaruhi tindakan seseorang dalam memutuskan sesuatu. Kelompok yang memiliki  tingkat  kohesivitas  tinggi  adalah  kelompok  para  istri  prajurit  (Persit  Kartika  Chandra  Kirana). Lingkungan sosial yang dekat menimbulkan faktor kedekatan yang sangat intim pada kelompok ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara  mendalam  kepada anggota  Persit  Kartika  Chandra  Kirana  yang  berada  di  asrama  Zipur  9  Kostrad Ujung Berung Kota Bandung. Hasil penelitian ini memperlihatkan tingginya peran kohesivitas dalam keputusan bertindak dalam membeli sebuah produk. Dikarenakan banyaknya kegiatan yang dilakukan bersama dan tingginya frekuensi  interaksi  antar  anggota. Kedekatan yang  sangat  intim  itu  menimbulkan  persepsi  yang  sama  antar  anggota.


 Kata kunci: keputusan pembelian, kohesivitas, komunikasi kelompok, persit

Published
Nov 4, 2023
How to Cite
ADI, Rr. Anindiati Retno; SARI, Intan Purnama; ULFAH, Carlina. Peran Kelompok Kohesivitas Pada Keputusan Pembelian Produk : Studi Kasus Pada Kelompok Istri Prajurit. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 15, n. 03, p. 50-63, nov. 2023. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/283>. Date accessed: 16 may 2025. doi: http://dx.doi.org/10.33221/jikom1.v15i03.283.