Peran Kelompok Kohesivitas Pada Keputusan Pembelian Produk : Studi Kasus Pada Kelompok Istri Prajurit
Group Cohesiveness and Its Role in Product Purchase Decisions: A Case Study of a Military Wives Community
Abstract
Peran kohesivitas sebuah kelompok sangat berpengaruh terhadap keputusan bertindak. Tidak terkecuali dalam keputusan dalam pembelian sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menganalisis bagaimana peran kelompok dapat mempengaruhi tindakan seseorang dalam memutuskan sesuatu. Kelompok yang memiliki tingkat kohesivitas tinggi adalah kelompok para istri prajurit (Persit Kartika Chandra Kirana). Lingkungan sosial yang dekat menimbulkan faktor kedekatan yang sangat intim pada kelompok ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam kepada anggota Persit Kartika Chandra Kirana yang berada di asrama Zipur 9 Kostrad Ujung Berung Kota Bandung. Hasil penelitian ini memperlihatkan tingginya peran kohesivitas dalam keputusan bertindak dalam membeli sebuah produk. Dikarenakan banyaknya kegiatan yang dilakukan bersama dan tingginya frekuensi interaksi antar anggota. Kedekatan yang sangat intim itu menimbulkan persepsi yang sama antar anggota.
Kata kunci: keputusan pembelian, kohesivitas, komunikasi kelompok, persit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.