Komunikasi Pemasaran dalam Mempromosikan Geopark Merangin

Studi Kasus pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga

  • Intan Purnama Sari Universitas Islam Bandung
  • Neni Yulianita Universitas Islam Bandung
  • Anne Ratnasari Universitas Islam Bandung
  • Misnawati Misnawati Universitas Islam Bandung

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan salah satu faktor yang dapat mengembangkan dan mempromosikan potensi objek wisata Geopark Merangin karena merupakan suatu rancangan bagaimana mempengaruhi, menginformasikan dan membujuk agar masyarakat dengan berbagai cara sehingga masyarakat mengetahui, kemudian tertarik hingga berkunjung dan bahkan berkunjung Kembali bagi wisatawan yang sudah pernah berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penyajian periklanan, penggunaan social media tools, komunikasi WOM (Word of Mouth Marketing, events and experiences, hambatan dan solusi dalam komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Merangin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi kepustakaan, analisis dokumentasi, analisis data dimulai dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin Provinsi Jambi dalam mempromosikan Geopark Merangin menggunakan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) melalui periklanan media cetak seperti Baliho dan Banner serta flyer dan tourism book, menggunakan sosial media Instagram. Kegiatan promosi andalan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin adalah pelaksanaan event and experiences yang diadakan setiap tahun dan berisi berbagai macam acara dan festival budaya dengan melibatkan berbagai macam kalangan masyarakat.Hambatan dalam komunikasi pemasaran dan promosi, kurangnya dana dari APBN untuk pemasaran dan promosi Geopark Merangini, kurangnya informasi tentang Geopark Merangini, kurangnya kerjasama antara Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangini dan pemangku kepentingan. Solusi yang dilakukan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin dalam komunikasi pemasaran dan promosi memberikan pelatihan kepada masyarakat dan stakeholder yang terlibat langsung dalam mendukung Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin. Untuk anggaran pemasaran dan promosi Geopark Merangin, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merangin mencari investor yang akan mendukung dan meningkatkan kegiatan pemasaran dan periklanan dengan tujuan memperkenalkan dan meningkatkan wisatawan domestik dan mancanegara. 

Published
Mar 26, 2024
How to Cite
SARI, Intan Purnama et al. Komunikasi Pemasaran dalam Mempromosikan Geopark Merangin. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 16, n. 01, p. 42-54, mar. 2024. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/287>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v16i01.287.