Komunikasi Pemasaran dalam Mempromosikan Geopark Merangin (Studi Kasus Pada Badan Pengelola Geopark Merangin Jambi)

Marketing Communication in Promoting Merangin Geopark (A Case Study of the Merangin Geopark Management Agency, Jambi)

  • Intan Purnama Sari Universitas Islam Bandung
  • Neni Yulianita Universitas Islam Bandung
  • Anne Ratnasari Universitas Islam Bandung
  • Misnawati Misnawati Universitas Islam Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penyajian periklanan, penggunaan social media tools, komunikasi WOM (Word of Mouth Marketing), events and experiences, hambatan dan solusi dalam komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Badan Pengelola Geopark Merangin Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus, paradigma yang digunkan konstruktivisme, teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi kepustakaan, analisis dokumentasi, analisis data dimulai dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, Badan Pengelola Geopark Merangin Jambi menggunakan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dalam mempromosikan Geopark Merangin dengan memanfaatkan media cetak dan sosial, terutama Instagram, dalam mempromosikan Geopark Merangin. Kegiatan promosi sebagai andalan adalah Event Geopark Manifesto Art and Edutainment yang diadakan setiap tahun. Hambatan yang dihadapi melibatkan keterbatasan dana, kurangnya SDM ahli dibidang pemasaran dan promosi, minimnya informasi tentang Geopark Merangin, dan kurangnya kerjasama dengan pemangku kepentingan. Solusinya mengadakan penyuluhan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Geopark Merangin bagi masyarakat dan pemangku kepentingan, peningkatan SDM di bidang pemasaran dan promosi, memanfatkan penggunaan media sosial dengan efektif untuk mempromosikan Geopark Merangin dengan mengupload foto,video yang menarik serta berisi ajakan dan informasi mengenai Geopark Merangin, dan pencarian investor untuk mendukung kegiatan pemasaran dan promosi guna meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara.
 
Kata kunci: acara dan pengalaman, iklan, IMC, komunikasi pemasaran, promosi dari mulut ke mulut.
Published
Mar 26, 2024
How to Cite
SARI, Intan Purnama et al. Komunikasi Pemasaran dalam Mempromosikan Geopark Merangin (Studi Kasus Pada Badan Pengelola Geopark Merangin Jambi). Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 16, n. 01, p. 42-54, mar. 2024. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/287>. Date accessed: 24 apr. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.33221/jikom1.v16i01.287.