Analisis Personal Branding Perempuan Batak Toba Melalui Budaya Sinamot dalam Pernikahan Adat Batak Toba

Personal Branding Analysis of Batak Toba Women through Sinamot Culture in Traditional Batak Toba Weddings

  • Kristin Rentha Sitinjak Universitas Telkom

Abstract

Personal branding menjadi hal yang penting dalam diri untuk menciptakan citra diri yang positif dengan menggambarkan keadaan diri yang sebenarnya. Riset penelitian ini membahas mengenai Personal branding perempuan-perempuan Batak Toba melalui budaya sinamot dalam pernikahan adat Batak Toba. Tujuan dari riset penelitian ini untuk mengetahui peran sinamot dalam sistem pernikahan adat Batak Toba sebagai tolak ukur nilai seorang perempuan pada masyarakat adat Batak Toba dan mengetahui personal branding perempuan Batak Toba melalui budaya sinamot dalam pernikahan adat Batak Toba. Riset penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran sinamot dalam sistem pernikahan adat Batak Toba secara tidak langsung dinilai sebagai tolak ukur atas nilai seorang perempuan pada masyarakat adat Batak Toba dan perempuan-perempuan Batak Toba telah membangun personal branding dari konsep spesialisasi dan konsep nama baik, sehingga memberikan dampak yang besar dalam membangun personal branding melalui budaya sinamot dalam adat pernikahan Batak Toba.


Kata kunci: Budaya Sinamot, Personal Branding.


 


Abstract


Personal branding is important to create a positive self-image by describing one's true self. This research discusses the personal branding of Toba Batak women through the sinamot culture in traditional Toba Batak marriages. The purpose of this research is to find out the role of sinamot in the Toba Batak traditional marriage system as a measure of the value of a woman in the Toba Batak traditional society and to find out the personal branding of Toba Batak women through the sinamot culture in Toba Batak traditional marriage. This research uses a qualitative approach with descriptive research. The results of the study state that the role of sinamot in the Toba Batak traditional marriage system is indirectly assessed as a benchmark for the value of a woman in the Toba Batak traditional society and Toba Batak women have built personal branding from the concept of specialization and the concept of good name, so that it has a big impact in building personal branding through the sinamot culture in Toba Batak traditional marriage.


Keywords: Personal Branding, Sinamot Culture.

Published
Nov 4, 2023
How to Cite
SITINJAK, Kristin Rentha. Analisis Personal Branding Perempuan Batak Toba Melalui Budaya Sinamot dalam Pernikahan Adat Batak Toba. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 15, n. 03, p. 64-75, nov. 2023. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/295>. Date accessed: 18 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v15i03.295.