Analisis Personal Branding Perempuan Batak Toba Melalui Budaya Sinamot dalam Pernikahan Adat Batak Toba

Personal Branding of Batak Toba Women Through the Sinamot Tradition in Batak Toba Customary Weddings: An Analytical Study

  • Kristin Dame Rentha Sitinjak Universitas Telkom
  • Amalia Djuwita Universitas Telkom

Abstract

Personal branding menjadi hal yang penting dalam diri untuk menciptakan citra diri yang positif dengan menggambarkan keadaan diri yang sebenarnya. Riset penelitian ini membahas mengenai Personal branding perempuan-perempuan Batak Toba melalui budaya sinamot dalam pernikahan adat Batak Toba. Tujuan dari riset penelitian ini untuk mengetahui peran sinamot dalam sistem pernikahan adat Batak Toba sebagai tolak ukur nilai seorang perempuan pada masyarakat adat Batak Toba dan mengetahui personal branding perempuan Batak Toba melalui budaya sinamot dalam pernikahan adat Batak Toba. Riset penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran sinamot dalam sistem pernikahan adat Batak Toba secara tidak langsung dinilai sebagai tolak ukur atas nilai seorang perempuan pada masyarakat adat Batak Toba dan perempuan-perempuan Batak Toba telah membangun personal branding dari konsep spesialisasi dan konsep nama baik, sehingga memberikan dampak yang besar dalam membangun personal branding melalui budaya sinamot dalam adat pernikahan Batak Toba.


Kata kunci: budaya sinamot, personal branding.

Published
Nov 4, 2023
How to Cite
SITINJAK, Kristin Dame Rentha; DJUWITA, Amalia. Analisis Personal Branding Perempuan Batak Toba Melalui Budaya Sinamot dalam Pernikahan Adat Batak Toba. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 15, n. 03, p. 64-75, nov. 2023. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/295>. Date accessed: 08 may 2025. doi: http://dx.doi.org/10.33221/jikom1.v15i03.295.