Strategi Kreatif Programmer Dalam Menaikan Eksistensi Program Shio Asia Di Tengah Fenomena Korean Wave
Abstract
Fenomena budaya populer Korea (Korean wave) kini membuat media penyiaran radio seakan berlomba-lomba memproduksi siaran yang berkaitan dengan budaya populer Korea, salah satunya RRI PRO 2 FM Jakarta dengan programnya Shio Asia. Untuk menaikan eksistensi RRI PRO 2 FM, khususnya program Shio Asia, menjadi suatu tantangan untuk mencari solusi, membuat trik atau strategi agar program tersebut dapat bertahan, dan diminati oleh kalangan muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan desain penelitian analisis fenomenologi. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan informan yaitu programmer dan penyiar program Shio Asia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa programmer telah menerapkan strategi pemrograman yaitu; perencanaan program (planning), produksi/akuisi program (production), eksekusi program (execution), pengawasan dan evaluasi program (controlling), dan hal tersebut menghasilkan strategi kreatif seperti; mengubah jam siaran program Shio Asia menjadi lebih awal, mempertahankan pola siaran yang jelas, mengiklankan program Shio Asia di sela program lain, menetukan penyiar yang mempunyai passion tentang budaya populer Korea dan melaksanakan evaluasi secara rutin.