Strategi Komunikasi Penyiar Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Pendengar Radio

  • Dian Nurdiana Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Shulhuly Ashfahani Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh penyiar program begaya PT. Radio Bergaya Nyanyian Sehati atau Bens radio 106.2 FM dalam upaya memenuhi kebutuhan pendengar. Penelitian ini mengacu pada strategi komunikasi penyiar dalam melakukan siaran pada program Begaya di Bens radio 106.2 FM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam kepada penyiar dan pendengar Bens radio 106.2 FM, lalu menganalisis dan menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teoritik. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa strategi komunikasi yang digunakan penyiar Bens radio 106.2 FM dalam program Begaya atau Betawi punya gaya yaitu, lebih mementingkan kebutuhan pendengarnya, dengan memberikan ide dan gagasan yang akan membuat pendengar tertarik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyiar program Begaya Bens radio 106.2 FM, telah memenuhi kebutuhan para pendengar nya.


 

Published
Nov 30, 2018
How to Cite
NURDIANA, Dian; ASHFAHANI, Shulhuly. Strategi Komunikasi Penyiar Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Pendengar Radio. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 10, n. 02, p. 91-101, nov. 2018. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/33>. Date accessed: 21 dec. 2024.