Perencanaan Media Sosial Instagram Wormhole Store dalam Membangun Customer Engagement

  • Intan Primasari Universitas Telkom
  • Nirwana Ayunda Sari Universitas Telkom

Abstract


Wormhole Store ialah salah satu toko multi brand yang telah berdiri sejak tahun 2010, wormhole store aktif melakukan penjualan melalui media sosial Instagram sejak tahun 2013. Dalam melakukan penjualan melalui media sosial Instagram perlunya pengelolaan dan perencanaan yang baik dan tersusun agar menarik minat dari pembeli. Oleh karena itu, perlunya membangun hubungan customer engagement dalam media sosial Instagram Wormhole Store agar hubungan yang terjalin antara keduanya dapat menjadi hubungan jangka panjang dan saling bergantungan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian desktiptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan tiga orang pegawai wormhole store yang memiliki peran penting dalam perencanaan media sosial instagram wormhole store, serta dua informan pendukung yang mendukung informasi dari para informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Instagram Wormhole store melakukan pengelolaan dan perenanaan yang baik dengan pengemasan konten yang menarik dan informatif, namun belum membangun hubungan customer engagement yang serius, oleh karena itu peneliti dapat membantu Wormhole Store untuk membangun dan menjaga hubungan customer engagement.


Published
Mar 24, 2024
How to Cite
PRIMASARI, Intan; SARI, Nirwana Ayunda. Perencanaan Media Sosial Instagram Wormhole Store dalam Membangun Customer Engagement. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 16, n. 01, p. 1-10, mar. 2024. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/334>. Date accessed: 18 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v16i01.334.