Critical Discourse Representasi Metroseksual Iklan MS Glow for Men Babe Cabita dan Marshel Widianto #SemuaJugaBisa

  • Agustina Sarah Universitas Mulawarman
  • Ainun Ni'matu Rohmah Universitas Mulawarman

Abstract

Salah satu iklan yang menjadi perbincangan di media sosial adalah iklan brand skincare MS Glow for Men Babe Cabita dan Marshel Widianto yang pernah bertengger pada spot iklan populer Times Square New York, Amerika Serikat. Iklan ini dihujat habis-habisan karena menggunakan model iklan yang tidak sesuai dengan stereotype pria ganteng pada iklan terutama skincare. Penelitian ini coba mengangkat bagaimana representasi pria metroseksual pada iklan tersebut menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis wacana kritis dari Norman Fairclough. Hasil penelitian menemukan representasi metroseksual kedua aktor telah ditampilkan secara langsung melalui tujuh ciri. Pria masa kini tersebut adalah pria hobi grooming, melek fesyen dan tren, mudah bersikap lembut, memakai skincare, dapat bersikap feminin secara natural tanpa kehilangan sisi maskulinitas, serta pria yang terampil komunikasi dan interpersonal dengan baik. 

Published
Mar 24, 2024
How to Cite
SARAH, Agustina; ROHMAH, Ainun Ni'matu. Critical Discourse Representasi Metroseksual Iklan MS Glow for Men Babe Cabita dan Marshel Widianto #SemuaJugaBisa. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 16, n. 01, p. 11-24, mar. 2024. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/335>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v16i01.335.