Persepsi Penonton Studio Program Acara “Kick Andy” Di Metro Tv

(Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Penonton Edisi Melampaui Batas)

  • Nurdian Trianggoro Mukti Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju
  • Febriansyah Nataly Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Abstract

Persepsi dalam sebuah tayangan media massa merupakan hal penting untuk dikaji mengingat pengguna media massa dalam kehidupan sosial bukan sekedar sebagai pelepas ketegangan dan hiburan semata, akan tetapi isi dan informasi yang disajikan mempunyai tujuan yang sangat penting dalam proses tindakan persepsi. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Sumber data diperoleh melalui data primer yaitu wawancara Produser dan penonton program acara “Kick Andy”. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui berbagai tulisan artikel, buku-buku dan internet. Fokus penelitian ini meliputi persepsi yang di dalamnya terdapat sensasi, atensi dan respon serta Model SR dan Teori Perbedaan Individu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi penonton studio pada program acara “Kick Andy” Edisi Melampui Batas 2017 mempunyai persepsi yang berbeda-beda pada sensasi, Atensi (Perhatian) dan Respon namun berkesimpulan bahwa program acara “Kick Andy” adalah program acara yang menarik serta mengisi kebutuhan penonton studio dalam hal hiburan juga memberikan informasi/pengetahuan/wawasan sehingga mengubah persepsi penonton untuk mengikuti informasi/pengetahuan/wawasan  yang didapatkan dari program acara “Kick Andy”.

Published
Nov 30, 2018
How to Cite
MUKTI, Nurdian Trianggoro; NATALY, Febriansyah. Persepsi Penonton Studio Program Acara “Kick Andy” Di Metro Tv. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 10, n. 02, p. 102-109, nov. 2018. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/34>. Date accessed: 18 nov. 2024.