Upaya IDX Channel Melalui Program “IDX Market Opening” Guna Menginformasikan Fluktuasi Perdagangan Pasar Modal
Abstract
Banyaknya jumlah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, membuktikan bahwa pasar modal di Indonesia berkembang pesat. Hal tersebut mendorong para pengusaha untuk mendapatkan informasi yang cepat, akurat dan mendalam seputar pasar modal melalui media massa, yaitu IDX Channel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya IDX Channel melalui program “IDX Market Opening” dalam menginformasikan fluktuasi perdagangan pasar modal serta mengetahui proses produksi program “IDX Market Opening”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan tiga informan yang mempunyai peran besar dalam penelitian ini, serta data dari dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa program “IDX Market Opening” melakukan upaya melalui beberapa treatment program untuk mempermudah pemirsa dalam menerima informasi, diantaranya talkshow dengan analis pasar modal, merekomendasikan saham, menampilkan grafis-grafis pendukung untuk menggambarkan fluktuasi perdagangan pasar modal, dan menampilkan paket-paket berita. Program “IDX Market Opening” dapat dikatakan sudah memenuhi kaidah Standard Operational Program (SOP) Alan Wurtzel (pra produksi, set up dan rehearsal, dan produksi) kecuali pada tahap pasca produksi, sebab program IDX Market Opening tidak ditayangkan secara tapping yang pada tahapannya melalui proses rekam dan editing, melainkan secara langsung (live).