Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Sebagai Media Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Bir Pletok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera Mustika Karya di Kota Bekasi)

  • Bisma Hartadi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Saat ini media sosial bentuknya beragam, salah satu platform media sosial adalah WhatsApp. WhatsApp menampilkan fitur untuk melakukan telfon suara, video call, mengirim foto dan video, berbagi lokasi melalui GPS, dan mengabadikan kegiatan melalui fitur story. Setiap pengguna dapat memanfatkannya untuk tujuan tertentu salah satunya  untuk menyebarkan informasi maupun melakukan promosi terkait informasi produk seperti hal nya Toko UPPKS Mustika Karya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teori The Circular Model Of SOME (Share, Optimize, Manage, Engage).  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi literatur.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses a.) share: dengan membagikan konten yang memanfaatkan fitur pada WhatsApp, b.) optimize:  melakukan perencanaan dan pengoptimalan penyebaran konten  harian, c.) manage: media monitoring dan membangun real time interkasi, d.) engage: melakukan kuis berhadiah dan membangun hubungan dengan tokoh publik.

Published
Jul 27, 2024
How to Cite
HARTADI, Bisma. Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Sebagai Media Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Bir Pletok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera Mustika Karya di Kota Bekasi). Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 16, n. 02, p. 1-6, july 2024. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/369>. Date accessed: 18 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.38041/jikom1.v16i02.369.