Representasi Toleransi Keanekaragaman Budaya Dalam Iklan Bukalapak “Bu Linda" (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)
Representation of Tolerance of Cultural Diversity in the Bukalapak Advertisement "Bu Linda" (Semiotic Analysis of Charles Sanders Peirce)
Abstract
Iklan adalah bagian penting dari serangkaian kegiatan mempromosikan produk yang menekankan unsur citra, iklan di media masa mampu menciptakan suatu daya tarik simbolik dan juga citra merek bagi perusahaan atau merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi toleransi keanekaragaman budaya yang ditampilkan dalam iklan Bukalapak Bu Linda dengan semiotika Charles Sanders Peirce. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi scene yang ada pada iklan dan dokumentasi. Kemudian, peneliti melakukan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce untuk melihat lebih dalam toleransi keanekaragaman budaya melalui segitiga makna pierce yaitu, tanda (sign), objek (object) dan interpretan (interprentant). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa iklan Bukalapak edisi Bu Linda menampilkan adegan yang mencerminkan representasi toleransi dalam sosial budaya dan toleransi beragama. Representasi tanda toleransi keanekaragaman budaya tercermin dalam penggunaan bahasa Sunda sehari-hari dalam iklan ini. Objek-objek seperti pakaian tradisional dan simbol-simbol Imlek menambah dimensi visual, menciptakan konsep toleransi sebagai bentuk penghargaan terhadap perbedaan dalam bahasa, adat istiadat, dan agama. Sikap toleransi untuk saling menerima dan menghormati perbedaan baik terhadap ras, suku, budaya dan agama sangat diperlukan dimasa kini.