Manajemen Konten Instagram @telkomproperty Sebagai Strategi Public Relations
Abstract
Sebagai perusahaan yang memiliki fokus pada pengembangan dan pengelolaan properti dan teknologi, PT. Graha Sarana Duta (TELKOM PROPERTY) memanfaatkan media sosial sebagai alat publikasi mengenai perusahaan. Terutama pada platform Instagram @telkomproperty yang menyajikan berbagai macam konten seputar perusahaan melalui pendekatan milenial yaitu dengan materi konten yang relatable dan informatif bagi audiensnya. Hal tersebut dilakukan melalui pengelolaan konten yang dilakukan oleh TELKOM PROPERTY bersama mitra pengelola media sosial perusahaan yakni LINIKINI. Pengelolaan konten dilakukan demi memberikan konten yang berkualitas dan bermanfaat sehingga publikasi pada @telkomproperty dapat menarik audience serta client untuk bekerjasama dengan TELKOM PROPERTY. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan konten yang dilakukan oleh TELKOM PROPERTY pada Instagram perusahaan sebagai strategi public relations serta untuk mengetahui perencanaan dan pemanfaatan Instagram @telkomproperty. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan paradigma konstuktivisme. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan konten pada Instagram yang dilakukan oleh Team Corporate Communication TELKOM PROPERTY dalam pengenalan produk perusahaan berjalan sesusia pada aspek Share yakni melakukan publikasi, Optimize yakni melakukan optimalisasi pengelolaan konten, Manage yakni melalui report media monitoring, Engage yakni meningkatkan dalam engagement dan penyampaian pesan pada audience. Sehingga melalui aspek-aspek tersebut konten yang diberikan dapat membangun kepecayaan dan kredibilatas perusahaan di mata publik.