Strategi Mice Dalam Meningkatkan Citra Hotel Bumi Wiyata Depok Tahun 2011-2013
Abstract
Pada era globalisasi, Indonesia bersaing menuju pasar bebas dengan merubah kebijakan-kebijakan yang dianggap tertinggal serta mengadakan pembenahan. Tak terkecuali dengan industri pariwisata. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, tak jarang sebuah hotel memiliki kegiatan business berupa meeting, incentive, convention, dan exhibition. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan citra positif di mata masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengkaji penerapan strategi MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) dalam meningkatkan citra perusahaan pada Hotel Bumi Wiyata Depok periode tahun 2011–2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap enam orang informan dan menggunakan literatur-literatur untuk mendukung data wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan strategi MICE yang diperkenalkan melalui media gathering dengan salah satu media, yaitu Koran Tempo guna meningkatkan citra positif di Hotel Bumi Wiyata Depok. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya penerapan kegiatan MICE dapat meningkatkan citra positif bagi Hotel Bumi Wiyata Depok. Penerapan kegiatan MICE serta merta menjadikan Hotel Bumi Wiyata Depok menjadi sebuah hotel yang mampu menyediakan kebutuhan yang tidak hanya sekedar menginap, akan tetapi juga dapat memberikan layanan business dan entertainment.