Political Marketing Syahrul Aidi Mazaat pada Pemilu DPR RI Tahun 2024 Dapil Riau II
Abstract
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah salah satu partai politik yang ikut sebagai peserta dalam meramaikan kontestasi pemilu 2024. Dalam rangka untuk meningkatkan jumlah kursi di DPR RI, tentunya memerlukan calon-calon legislatif yang berkompeten dan memiliki elektabilitas yang tinggi, salah satunya adalah Syahrul Aidi Mazaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi komunikasi politik Syahrul Aidi Mazaat dalam pemenangan pada pemilihan DPR RI tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kerangka penelitian berfokus pada marketing mix politik yakni Product, Promotion, Price, dan Place. Hasilnya adalah Product, yakni Syahrul Aidi Maazat memegang peran besar yaitu krakteristik dan rekam jejak yang dimiliki calon ini, sehingga menjadi magnet yang kuat dalam menarik simpati masyarakat. Price, Syahrul Aidi Maazat mengacu dua sudut, yaki pada harga ekonomi yang dikeluarkan oleh Syahrul Aidi Maazat relatif lebih rendah dibandingkan dengan pasangan lainnya. Dan harga psikologi yang mana banyak masyarakat yang suka rela memilih karena adanya kedekatan secara psikologi dengannya. Promotion, yakni Syahrul Aidi Maazat menggunakan media sosial dengan membuat konten dan video di facebook. Selain itu tidak lepas dari adanya Alat Peraga Kampanye (APK) seperti brosur, kelender, spanduk, baliho, dan baju kaos bergambang Syahrul Aidi Maazat. Place, yakni Syahrul Aidi Maazat melakukan komunikasi politik di beberapa tempat yang dikunjungi dan dijadikan sasaran dalam memenangkan pemilihan DPR RI Dapil Riau.