Penerapan Komunikasi Kesehatan Dalam Melayani Pasien di Puskesmas Kelurahan Penajam
Abstract
Penelitian Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang dilakukan secara sadar dan dilakukan oleh orang-orang profesional dibidang tenaga kesehatan serta tujuannya adalah untuk kesembuhan pasien. Komunikasi yang baik akan mempengaruhi efektivitas, efisiensi, dan dampak dari pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas kepada masyarakat. Oleh karena itu, penelitian mengenai penerapan komunikasi kesehatan dalam melayani pasien di puskesmas penajam. Penelitian ini akan mencoba menggali masalah komunikasi kesehatan yang spesifik di Puskesmas Kelurahan Penajam, seperti penggunaan bahasa teknis yang sulit dipahami, kurangnya waktu yang tersedia dalam pelayanan, kurangnya pemahaman petugas kesehatan tentang kebutuhan pasien, dan kurangnya penggunaan teknologi komunikasi yang efektif. Selain itu, penelitian ini juga akan menganalisis pengaruh masalah-masalah tersebut terhadap kepatuhan pasien terhadap pengobatan, tingkat pemahaman mereka tentang penyakit dan pengobatan, serta dampaknya pada hasil perawatan yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif dan teknik pengambilan subjek dengan cara purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif data dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perawat menggunakan empat tahap yaitu tahap pra-interaksi, tahap orientasi, tahap kerja, dan tahap terminasi. Komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien, telah berlangsung dengan baik.