Strategi Pemasaran Digital Woodland Park Residence melalui media sosial Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness Masyarakat Gen-z
(Studi pada Akun Instagram @woodlandparkid)
Abstract
Tingginya angka pertumbuhan penduduk dan lahan yang terbatas di Kota Jakarta memerlukan usaha untuk memanfaatkan lahan yang terbatas dengan konsep hunian vertikal sebagai salah satu solusi dari keterbatasan lahan serta tingginya harga lahan di wilayah perkotaan saat ini. Strategi pemasaran digital menjadi bagian penting untuk meningkatkan brand awareness masyarakat gen-z yang notabene memiliki gaya hidup yang simple dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital pada apartemen Woodland Park Residence melalui media instagram @woodlanparkid untuk meningkatkan brand awareness masyarakat Gen-Z.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta untuk teknik analisis data menggunakan miles and huberman.
Hasil penelitian ini mengungkapkan apartemen Woodlland Park Residence telah memfokuskan pada optimalisasi berbagai fitur yang tersedia dalam media instagram. Akun resmi mereka, @woodlandparkid, secara aktif memanfaatkan fitur-fitur tersebut dan mengintegrasikannya dengan strategi pemasaran digital ini, meliputi affiliate marketing, tampilan iklan, pemasaran konten, search engine marketing, mobile marketing, , social media marketing, search engine optimization. Implementasi strategi media sosial Instagram ini dinilai efektif meningkatkan kesadaran merek, terutama di kalangan generasi Z. Mengacu pada tahapan kesadaran merek menurut Aaker (1996) dalam Ramadayanti (2019:81) dan Firda (2019), yaitu unaware of brand, brand recognition, dan brand recall, strategi digital yang dilakukan oleh pihak pengelola Apartemen Woodland Park Kalibata terbukti mampu mendorong peningkatan brand awareness di masyarakat. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pengembangan strategi pemasaran digital, khususnya perusahaan di bidang property agar mampu meningkatkan kesadaran merek di mata masyarakat. Target luaran penelitian ini berupa hasil penelitian dipublikasikan di jurnal terakreditasi Nasional sedangkan luaran tambahan berupa hak cipta dan bahan mata ajar kuliah Intergrated Marketing Communication.