Pengaruh Digital Food Influencer Instagram Lokal terhadap Branding Produk UMKM di Tenggarong
The Effect of Local Instagram Food Influencers on the Branding of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSME) Products in Tenggarong
Abstract
Media social kini bukan hanya menjadi sarana interaksi sosial, tetapi juga menjadi alat utama dalam strategi pemasaran digital salah satunya Instagram yang memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan luas. Influencer menjadikan Instagram sebagai media promosi produk UMKM untuk meningkatkan branding suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari akun Instagram Digital Food Influencer terhadap branding Produk UMKM yang berada di Tenggarong. Penelitian ini menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai dasar analisis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner, dan Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Food Influencer Instagram lokal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap branding produk UMKM di Tenggarong. influencer tidak hanya mempromosikan produk secara visual melalui fitur-fitur Instagram seperti Feed, Reels, dan Story, tetapi juga membangun kepercayaan dan persepsi positif audiens terhadap produk UMKM yang mereka ulas.
Kata kunci: influencer, instagram, branding, UMKM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.