Pengaruh Digital Food Influencer Instagram Lokal Terhadap Branding Produk UMKM di Tenggarong

  • Aji Salsabilla Farisya Nafari Universitas Mulawarman
  • Rina Juwita

Abstract

Abstrak


 


Media social kini bukan hanya menjadi sarana interaksi sosial, tetapi juga menjadi alat utama dalam strategi pemasaran digital salah satunya Instagram yang memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan luas. Influencer menjadikan Instagram sebagai media promosi produk UMKM untuk meningkatkan branding suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari akun Instagram Digital Food Influencer terhadap branding Produk UMKM yang berada di Tenggarong. Penelitian ini menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai dasar analisis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner, dan Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Food Influencer Instagram lokal  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap branding produk UMKM di Tenggarong. influencer tidak hanya mempromosikan produk secara visual melalui fitur-fitur Instagram seperti Feed, Reels, dan Story, tetapi juga membangun kepercayaan dan persepsi positif audiens terhadap produk UMKM yang mereka ulas.


 


Kata kunci: Influencer, Instagram, Branding, UMKM


 


Abstract


 


Social media today is not only a means of social interaction but also a primary tool in digital marketing strategies. One such platform is Instagram, which enables rapid and widespread dissemination of information. Influencers use Instagram as a promotional medium for MSME (Micro, Small, and Medium Enterprises) products to increase branding. This study aims to determine the influence of Digital Food Influencer Instagram accounts on the branding of MSME products in Tenggarong. The research is based on the AIDA theory (Attention, Interest, Desire, Action) as the analytical framework. The research method used is quantitative. Data collection was conducted through questionnaires, and the sampling technique employed was Simple Random Sampling. The results of the study indicate that local Digital Food Influencers on Instagram have a positive and significant impact on the branding of MSME products in Tenggarong. These influencers not only promote products visually through Instagram features such as Feed, Reels, and Stories but also build audience trust and create a positive perception of the MSME products they review.


 


Keywords: Influence, Instagram, Branding, MSMEs

Published
Jul 26, 2025
How to Cite
FARISYA NAFARI, Aji Salsabilla; JUWITA, Rina. Pengaruh Digital Food Influencer Instagram Lokal Terhadap Branding Produk UMKM di Tenggarong. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, [S.l.], v. 17, n. 02, p. 54-63, july 2025. ISSN 2354-8193. Available at: <http://jikom.uima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/view/438>. Date accessed: 12 aug. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.33221/jikom1.v17i02.438.