Faktor Strukturasi Dalam Komodifikasi Berita Kriminal Begal Motor Di Depok Pada Media Online
Abstract
Realitas pasar menggambarkan bahwa media berada dibawah tekanan ekonomi persaingan yang keras dan ketat, fungsi media sebagai pemberi edukasi dalam menyampaikan informasi yang benar telah bergeser. Berita-berita kriminal kembali menyedot perhatian pembacanya, dengan kehadiran kasus kriminal begal di Depok. Tampilannya vulgar baik secara foto, maupun teks. Baik di media cetak, elektronik, maupun siber. Hal ini tampak lebih nyata melalui penyajian gambar, foto, judul yang memblow up peristiwa kriminal, melalui faktor strukturasi yang membentuk komodifikasi berita. Mengingat kasus begal sesungguhnya hanyalah kasus lama yang berulang. Selain itu Depok justru memiliki jumlah data kejahatan begal terendah, namun memperoleh stigma sebagai kota Begal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji realitas faktor strukturasi dalam komodifikasi berita begal motor di Depok yang direpresentasikan dalam media online. Obyek penelitian ini adalah Detik.com, Kompas.com, dan Liputan6.com. Bahan penelitiannya berita begal motor di Depok pada ketiga media tersebut. Unit analisisnya kata, kalimat, judul, lead, foto/gambar , grafis dan keseluruhan teks. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicky.